Thursday 20 December 2012

Tips Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu


 Tips Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu




Selama ini dikalangan masyarakat yang masih awam pengetahuannya tentang madu terdapat pendapat yang keliru mengenai cara membedakan antara madu asli dengan madu palsu. Pendapat-pendapat itu adalah : madu asli tidak dikerubungi semut, madu asli tidak mengkristal, madu asli tidak tembus jika diletakan diatas kertas, korek api tetap menyala walaupun dicelupkan dahulu kedalam madu, telur menjadi setengah matang jika dicelupkan kedalam madu dan lain sebagainya. Alasan tersebut diatas adalah hal yang sangat keliru karena madu asli juga tetap didatangi semut karena madu aslipun tetap mengandung gula. Namun kandungan gula didalam madu asli yang dominan adalah fruktosa dan glukosa. Glukosa merupakan sumber energi untuk seluruh jaringan otot. Fruktosa disimpan sebagai cadangan dalam hati untuk dimanfaatkan pada saat dibutuhkan. Kandungan gula tersebut berbeda dengan kandungan gula didalam gula pasir, gula kelapa, dan gula aren yang sebagian besar komponennya adalah sukrosa (85-90%). Tidak jarang madu yang disimpan relatif lama akan mengkristal atau mengendap ( seperti terjadi pada madu karet dan madu kaliandra) walaupun madu tersebut terjamin keasliannya. Pengendapan/pengkristalan terjadi karena adanya perubahan kadar gula akibat proses fermentasi dan hidrolisis sukrosa oleh enzim invertase. Akibatnya, glukosa lebih tinggi dari fruktosa dengan suhu penyimpanan 18 derajat celcius dan kadar air madu yang rendah. Adapun proses pengendapan terjadi karena perbedaan berat jenis madu dari sumber nektar yang berbeda. Selain itu madu juga sering ditemukan ada yang kental dan ada pula yang encer, hal ini disebabkan oleh kadar air didalam madu yang sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca pada saat pemanenan madu itu sendiri. Dimana rata-rata kadar air madu di Indonesia berkisar antara 21 s/d 24 %, hal ini diakibatkan oleh karena iklim tropis yang ada di Indonesia yang curah hujannya masih sangat tinggi.


Beberapa hal yang harus di ketahui mengenai madu asli :

1. Madu asli hanya dapat diketahui dengan pasti melalui uji laboratorium, dimana madu asli pasti akan mengandung 2 macam enzim yang dominan yaitu : enzim diastase dan enzim invertase.

2. Khasiat yang dirasakan oleh tubuh pada saat kita mengkonsumsi madu asli akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan konsumsi madu palsu contohnya saja untuk penderita Diabetes jika mengkonsumsi madu asli ( baik sekali mengkonsumsi madu mahoni/madu pahitan) maka gula darahnya akan tetap normal tapi bila yang dikonsumsi madu palsu gula darahnya akan naik.

3. Bila dicampur dengan segelas air putih madu asli akan tetap mengental, tapi bila madu palsu akan langsung larut dengan air tersebut.

4. Harga madu asli biasanya mahal dan tidak dijual sembarangan, namun madu palsu harganya murah dan dijual secara sembarangan di pinggir jalan.

5. Belilah langsung di counter-counter yang terpercaya dan terjamin keaslian madu yang di jualnya, seperti : Madu Pramuka Cibubur sudah teruji secara laboratoris dan dijamin 100 % keasliannya.

32 comments:

  1. Apa bisa beli madu secara eceran?? Hargax berapa??

    ReplyDelete
  2. bisa,di antar ke mana,untuk harga silahkan klik saja daftar harga madu pramuka yang ada di blog ini.

    ReplyDelete
  3. jenis madunya ada madu apa saja?

    ReplyDelete
  4. Jenis madu yang di jual di Madu Pramuka bermacam-macam ada madu kapuk,madu klengkeng,madu rambutan,madu super dan masih banyak lagi jenis madu yang lainnya.Penamaan jenis madu tersebut berdasarkan dimana lebah digembalakan jika digembalakan diperkebunan kapuk maka madu yang dihasilkan adalah madu kapuk dan seterusnya.

    ReplyDelete
  5. saya ingin sengat lebah,untuk daerah serang dimana alamat dan no.telp nya, makasih.

    ReplyDelete
  6. alamat madu pramuka cabang serang ; Jl.Pramuka jalur lingkar selatan cikulur serang banten telp.0254 228131

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta Barat Agenya ada di daerah mana?

      Delete
  7. madu pramuka ini apakah sama dengan organisasi pramuka? Jika sama mengapa tidak pernah ada pelatihan beternak lebah di jambore nasional?

    ReplyDelete
  8. ya betul yang punya benar kwartir nasional gerakan pramuka,untuk kegiatan jamnas kita pernah juga hadir.

    ReplyDelete
  9. kalo di Bandung bisa dibeli dimana?

    ReplyDelete
  10. Kalo kami di sumbawa, kami membedakannya dengan menaruh madu asli di atas koran, apabila korannya tembus maka berarti madu itu tidak asli. Tapi kalo korannya gak tembus dlm waktu lama berarti madu itu asli.

    Begitu juga bisa ditau dari khasiat madu lebah asli jika dipakaikan di bayi yang susah tidur dan bayi yang tidak bisa menyusui. Kalo manjur berarti asli kalo gak sebaliknya

    ReplyDelete
  11. agen utk wilayah Jakarta Barat, di mana?
    no telfonya berapa? terimakasih

    ReplyDelete
  12. Madu Pramuka Cabang Jakarta Barat Jl.Tanjung Duren Barat IV (Depan SMP 89/Dekat Pasar Kopro) Telp.0215682537

    ReplyDelete
  13. animasi lebah sungguh sangat menggangu !

    ReplyDelete
  14. agan klo daerah jaktim ada kah penjualannya ??
    boleh email ke hadiallmakes@gmail.com

    ReplyDelete
  15. gan boleh tanya??
    ada kah daerah penjualan di jakarta timur??

    ReplyDelete
  16. gan klo daerah jakarta timur adakah alamat dan no Tlfnnya?

    ReplyDelete
  17. gan klo daerah jakarta timur adakah alamat dan no Tlfnnya?

    ReplyDelete
  18. Untuk jakarta timur cabang madu pramuka ada di jl.pisangan baru timur no.5 pisangan jaktim (depan sekolah nurul iman)

    ReplyDelete
  19. Maaf klo di bogor ada gak?tku

    ReplyDelete
  20. bisa beli online ga madunya?

    ReplyDelete
  21. Memang kita harus jeli dalam memilih madu yg asli,,,,lebih baik membeli harga yg lebih mahal,,,namun benar-benar madu asli,,,,

    ReplyDelete
  22. Di daerah Tangerang kota apakah ada juga agennya?tolong minta alamatnya.

    ReplyDelete
  23. Minta alamat yang di daerah Tangerang ya.

    ReplyDelete
  24. bagus gan, informasi sangat membantu :D

    ReplyDelete
  25. Kalo di tangerang selatan di mn, no telp brp....thx

    ReplyDelete
  26. kalo yang ditanjung duren atau cabang yang di itc permata hijau itu asli apa tidak ya...

    ReplyDelete
  27. Kalau di daerah bekasi dimana cabangnya? Tks

    ReplyDelete
  28. Bismillah…terima kasih banyak atas ulasannya ttg keaslian madu. Saya sendiri sekarang sudah tidak lagi membeli madu dari pengepul, melainkan selalu terjun sendiri mengawasi pengunduhan madu hutan di tengah belantara demi memutus mata rantai pemalsuan madu/keragu-raguan tentang madu yang kami jual. KARENA beberapa test seperti di atas yang kami sudah pernah lakukan memang mengarah bahwa madu hasil kulakan tsb asli. NAMUN siapa berani menjamin keMURNIan madu tsb???karena madu campuran (madu asli dicampur dengan madu palsu) bila dites dgn beberapa metode di atas bisa jadi tetap menunjukkan hasil positive bhw madu tsb adalah madu asli…Maka kesimpulan kami : MADU ASLI BELUM TENTU MURNI MADU (karena bisa saja dicampur dengan sedikit zat additif seperti fruktosa, nanas, spiritus untuk nyalakan korek, dan beberapa metode pemalsuan yang lain)
    Maka….jalan satu satunya bagi kami adalah dengan mengetahui sendiri dengan mata kepala kami proses pengunduhan madu tsb di alam bebas, baik untuk madu hutan liar apis dorssata maupun madu ternak apis mellivera australia….
    Demikian METODE TES MADU TERAMPUH yang kami punyai saat ini, dan kami belum mempunyai METODE SELAINNYA…
    Walhamdulillah,
    facebook.com/maduabufajree
    081 234 703 791

    ReplyDelete
  29. Bismillah…terima kasih banyak atas ulasannya ttg keaslian madu. Saya sendiri sekarang sudah tidak lagi membeli madu dari pengepul, melainkan selalu terjun sendiri mengawasi pengunduhan madu hutan di tengah belantara demi memutus mata rantai pemalsuan madu/keragu-raguan tentang madu yang kami jual. KARENA beberapa test seperti di atas yang kami sudah pernah lakukan memang mengarah bahwa madu hasil kulakan tsb asli. NAMUN siapa berani menjamin keMURNIan madu tsb???karena madu campuran (madu asli dicampur dengan madu palsu) bila dites dgn beberapa metode di atas bisa jadi tetap menunjukkan hasil positive bhw madu tsb adalah madu asli…Maka kesimpulan kami : MADU ASLI BELUM TENTU MURNI MADU (karena bisa saja dicampur dengan sedikit zat additif seperti fruktosa, nanas, spiritus untuk nyalakan korek, dan beberapa metode pemalsuan yang lain)
    Maka….jalan satu satunya bagi kami adalah dengan mengetahui sendiri dengan mata kepala kami proses pengunduhan madu tsb di alam bebas, baik untuk madu hutan liar apis dorssata maupun madu ternak apis mellivera australia….
    Demikian METODE TES MADU TERAMPUH yang kami punyai saat ini, dan kami belum mempunyai METODE SELAINNYA…
    Walhamdulillah,
    facebook.com/maduabufajree
    081 234 703 791

    ReplyDelete
  30. Hhhhmmm, madu beli di apotik kira-kira asli gak y, susah banget cari madu yang bener2 asli ,.Wassalam:) By Toko Lukisan

    ReplyDelete