Wednesday, 19 December 2012

Manfaat Madu Bagi Anak




Mau punya putra-putri yang sehat dan cerdas,biasakanlah anak-anak anda untuk mengkonsumsi madu semenjak usia dini.Karena madu banyak mengandung zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh anak-anak, baik dalam proses pertumbuhan fisiknya maupun perkembangan tingkat kecerdasan otaknya. Peranan madu dalam pertumbuhan anak sangat penting karena di dalam madu terdapat zat Besi,Tembaga, Kalium, Posphor, B Kompleks,seng. anti oksidan,fruktosa,glukosa,maltosa, sukrosa dan asam amino.

Madu mengandung cukup banyak zat besi(Fe) dan tembaga (Cu) sedang ASI atau susu sapi mengandung lebih sedikit di bandingkan madu. Asupan Fe dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Hemoglobin akan membawa oksigen yang cukup ke otak sehingga akan membantu dalam proses berpikir anak.

Madu dengan kadar gula dan levulosa yang tinggi sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat-zat organik lain, dengan demikian dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

Hasil penelitian Y.Wadodo, peneliti pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi di Bogor bahwa pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan memperbaki nafsu makan anak balita.

Kalium merupakan mineral zat mikro yang penting dalam tubuh manusia. Ia membantu dalam kontraksi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta penmbebasan tenaga yang berasal dari protein, lemak dan karbohidrat pada proses metabolisme.

Fosfor(P) adalah mineral yang berperan penting dalam struktur dan fungsi tubuh, setelah kalsium.Fosfor di dalam tubuh kita 80 % berada pada tulang dan gigi dalam bentuk kalsium fosfat.

Vitamin B Kompleks dapat membantu meringankan kelelahan/kecapaian. Kecukupan vitamin B kompleks membantu mencegah kelambatan pertumbuhan,anemia,gangguan penglihatan,dan menigkatkan nafsu makan.

Aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa(41%), glukosa (35%), sukrosa(1,9)%, dan dekstrin(1,5%) karbohidrat madu ikut menambah pasokan sebagian energi yang diperlukan balita. Kadar protein dalam madu relatif kecil sekitar 2,6%. Namun kandungan asam amino cukup beragam, baik asam amino esensial maupun non esensial. asam amino tersebut turut pula memasok sebagian keperluan protein tubuh balita.(Berbagai sumber,Madu Pramuka) 

7 comments:

  1. terima kasih atas kunjungannya,semoga infonya bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Utk ibu menyusui (busui) lbh baik pakai yang mn ?

    ReplyDelete
  3. Utk ibu menyusui (busui) lbh baik pakai yang mn ?

    ReplyDelete
  4. Utk ibu menyusui (busui) lbh baik pakai yang mn ?

    ReplyDelete